Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Biduran atau urtikaria merupakan reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna putih atau merah yang disertai gatal gatal. Bilur / bintol ini dapat muncul di bagian tubuh tertentu atau bahkan juga bisa menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Jika dilihat dari ukuran dan bentuk, tentunya setiap penderita biduran memiliki bentuk bilur yang berbeda-beda ukuran, mulai dari beberapa millimeter hingga sebesar tangan. Salah satu penyebab utama kemunculan biduran pada kukitkulit tubuh adalah Alergi.

Selain terasa gatal, biduran juga bisa menimbulkan rasa perih dan tak jarang sampai terasa seperti di sengat. Ruam / bilur dapat muncul di seluruh bagian tubuh, diantaranya muka, mata, bibir, lidah, teggorokan, tangan, kaki, dan telinga.

Penyebab biduran

Ada beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya biduran yang patut untuk diketahui, diantaranya adalah:

  1. Reaksi alergi terhadap kondisi lingkungan seperti serbuk sari, debu, gigitan serangga, atau bahan kimia tertentu.
  2. Alergi terhadap makanan seperti kacang, makanan laut, telur, dan susu.
  3. Stres.
  4. Infeksi, baik yang ringan seperti pilek hingga yang serius seperti HIV.
  5. Efek samping dari obat-obatan, misalnya antibiotik, obat anti inflamasi nonsteroid (NSAIDs), dan aspirin.
  6. Kondisi kesehatan, termasuk gangguan kekebalan tubuh (misalnya lupus dan kanker), serta infeksi bakteri atau virus (misalnya hepatitis atau HIV).
  7. Faktor lingkungan, seperti perubahan suhu panas atau dingin, sinar matahari, dan kualitas air.
  8. Terakhir, bahan pakaian yang dikenakan.

Dalam beberapa kasus, biduran di golongkan menjadi dua yaitu akut dan kronis. Perbedaan dari golongan tersebut bisa kita ketahui dengan mengatasi gejalanya. Bila biduran kemunculan berlangsung kurang dari 6 minggu dinamakan biduran akut, namun jika lebih 6 mingga disebut biduran krobis.

Cara menyembuhkan biduran dengan cepat secara alami hingga tuntas

Ada banyak obat alami tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi biduran yang tak kunjung sembuh, namun pada kesempatan kali ini vemusse hanya akan berbagi tips paling aman tanpa menimbulkan efek samping. Penasaran apa sajakah itu, berikut ulasannya.

1. Daun sirih

Daun sirih sudah dipercaya cukup ampuh mengatasi masalah biduran akut ataupun kronis. Untuk membuat ramuan dari duan sirih sangatlah mudah, berikut cara mengobati biduran dengan daun sirih.

  • Kamu cukup merebus sekitar 20 lembar daun dengan air 1.5 liter.
  • Biarkan air hingga kira” tersisa 1 liter.
  • Tunggu hingga dingin (akan lebih nikmat jika air ramuan ini masih terasa hangat).
  • Setalah itu saring, dan minum 2x dalam sehari.

2. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau ternyata memiliki khasiat mampu mengeluarkan racun dalam tubuh loh, oleh sebeb itu minum air kelapa muda hijau terbukti efektif mengobati sekaligus mencegah munculnya biduran, bahkan cara ini sangat mana jika dipakai pada balita / anak kecil di bawah atau di atas umur 2 tahun, untuk orang dewasa, ibu menyusui, dan lansia sekalipun.

Bagi anda yang ingin mencobanya alternatif ini, kamu cukup meminum air kepala (degan) 2x dalam sehari dengan dosis 1 gelas besar.

3. Leunca

Pernahkah anda mendengar tanamanbyabg bernama leunca.? Leunca merupakan sebuah tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu anda mengatasi masalah biduran.

Ramuan ini digunakan sebagai obat oles, bagi anda yang ingin mencoba tapi tidak tahu caranya, bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Siapkan tanaman leunca yang sudah dipisahkan dari akarnya.
  • Tumbuk tanaman ini hingga halus, dan tambahkan minyak GPU / minyak kayu putih sekitar 1 sdt saja.
  • Balurkan ramuan tersebut ke kulit biduran hingga rata.
  • Biarkan hingga biduran mereda.
  • Lakukan tips diatas 2x dalam sehari sampai biduran hingga benar benar sembuh.

4. Temulawak dan asam jawa

Mengobati penyakit biduran juga bisa menggunakan buah asam yang dicampur dengan temulawak, sebab, kedua bahan herbal alami ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Jamu ini sangat disarankan untuk di konsumsi secara teratur dan jangka panjang agar tubuh sehat sehingga terbebas dari penyakit. Bagi anda yang ingin mencoba tapi tidak tahu caranya, bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Siapkan temulawak 2.5 ons, asam jawa 1 ons, gula jawa secukupnya, air 1.5 atau 2 liter dan panci sedang untuk merebus.
  • Pertama, kupas kulit temulawak, bersihkan dengan air, kemudian parut hingga halus dan masukkan ke dalam panci.
  • Setelah itu, tambahkan 1.5 liter air, masukkan gula aren asli, dan asam jawa dengan di pijat” agar bisa lebih mudah hancur ketika di masak nanti.
  • Biarkan mendidih hingga airnya sedikit berkurang.
  • Tunggu hingga dingin (akan lebih nikmat jika air ramuan ini masih terasa hangat).
  • Setelah itu, kamu bisa meminumnya 2x dalam sehari (pagi dan sore).

Bagaimana, mudah bukan.?

5. Daun kelor dan bawang merah

Bawang merah memiliki fungsi mengurangi gatal gatal dan memar, sedangkan daun kelor mampu menenagkan kulit agar tidak mengalami iritasi lebih parah, sehingga perpaduan antara daun kelor dan bawang cukup baik bila digunakan untuk mengobati penyakit biduran yang kamu derita saat ini.

Note: kamu bisa menggunakan bawang merah ataupun bawang putih.

Bagi anda yang ingin mencoba tapi tidak tahu caranya, bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Sediakan daun kelor 9 lembar daun kelor, bawang merah 1 siung, pulosari 2 gram, dan panci untuk merebus.
  • Rebus semua bahan diatas dengan air 3 gelas, tunggu mendidih hingga tersisa sekitar 2 gelas.
  • Tunggu hingga dingin (akan lebih nikmat jika air ramuan ini masih terasa hangat).
  • Kemudian saring dan minum sehari 2x.
  • Lakukan alternatif diatas hingga masalah biduran anda hilang secara permanen.

6. Sambiloto dan kunyit

Sudah dikenal sejak lama, kalau kunyit memiliki beragam khasiat, namun yang paling utama dapat membantu membersihkan kotoran dalam tubuh, katran alasan itu wanita desa setelah melahirkan disarankan untuk konsumsi jamu kunyit secara teratur. Tak berhenti disitu, ramuan dengan bahan dasar kunyit juga mampu mengobati san mencegah munculnya bidruan loh.

Bagi anda yang ingin mencoba tapi tidak tahu caranya, bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Sediakan kunyit 1 ruas, sambiloto 10 gram, bawang merah 1 siung, adas 1 sdm, daun kelor 30 gram.
  • Tumbuk semua bahan scara bersamaan sampai benar benar halus.
  • Selanjutnya rebus ramuan yang sudah halus tersebut menggunakan panci dengan air 1 liter, tunggu air nya hingga tersisa 0.5 (setengah) liter.
  • Tunggu hingga dingin (akan lebih nikmat jika air ramuan ini masih terasa hangat).
  • Kemudian saring dan minum sehari 2 – 3x.
  • Lakukan alternatif diatas hingga masalah biduran anda hilang.

7. Mengenakan pakaian longgar dari bahan yang lembut

Penyebab biduran juga bisa diakibatkan oleh pakaianbyabg kamu kebakan. Tahukah kamu pakaian seperti apa yang bagus dan tak memicu timbulnya biduran? Yaitu pakaian dengan ukuran besar dan longgar dan memiliki tekstur yang halus seperti cattun, sebab, kulit tubuh akan mendapatkan udara lebih banyak sehingga biduran akibat kepanasan dan iritasi tidak terulang kembali.

8. Mengurangi Stres

Selain pakaian yang dikenakan, pemicu munculnya biduran adalah stres berlebihan, untuk mengurangi sekaligus menghilangkan stress kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini.

  1. Olahraga.
  2. Visualisasi Menenangkan.
  3. Melatih Pernapasan.
  4. Meditasi.

Meski biduran tidak bisa hilang selamanya, namun dengan mengetahui penyebab dan cara mengatsi akan membuat anda beresiko terserang penyakit ini lebih kecil.

Demikian itu beberapa penyebab dan cara alami yang direkomendasikan untuk anda coba, selamat mencoba semoga mendapamendapatkan hasil sesuai yang kamu harapkan.

Tinggalkan komentar